Catatan Seorang Chef Bagian Ke 34 (MENUNGGU PLTN PERTAMA INDONESIA)

Posted: 18 Oktober 2015 in KUMPULAN CATATAN SEORANG CHEF, MILITER

A

SMACKDOWN ALA RUSSIA

Ketika US dengan NATOnya mulai masuk dan mengutak-atik stabilitas di Ukraina, Russia tanpa basa-basi justru malah menganeksasi Creamea..! Russia sangat sadar akan nilai strategis Ukraina bagi mereka. Lebih dari separuh eksport gas Russia ke Eropa dialirkan melalui jaringan pipa yang terpusat di Ukraina. Mengingat gas adalah sumber ekonomi Russia yang amat vital, maka tidak heran jika Russia pun bertindak cepat untuk mengamankan wilayah tersebut. Tidak cukup sampai disitu, untuk membebaskan diri dari kungkungan US beserta sekutunya, Russia terus melobby berbagai deal dengan negara lain untuk meningkatkan volume ekspor gasnya. Ironisnya, deal yang diraih Russia dengan sekutu US di Eropa, ternyata telah mampu menjadikan US hanya sekedar sosok polisi dunia yang tegap, namun gagap dan suka gugup. Belum selesai masalah Ukraina, pihak US malah kecolongan Perancis, Turkey dan Jepang..! Russia telah membuat big deal dengan ketiga negara tersebut..! Gas-gas Russia akan mengalir deras ke negara-negara Eropa melalui Turkey dan Perancis, sebelum kemudian disalurkan ke Italia, Germany dan Spain..! Pun demikian dengan Asia..! Jepang sebagai mitra utama USA, secara mengejutkan justru melakukan deal gas Russia melalui pulau yang sedang disengketakan oleh kedua negara. Keberhasilan Russia yang mampu melebarkan cengkeraman guritanya, jelas terasa seperti sebuah pukulan keras yang menghantam NATO. Nyatanya, meski embargo ekknomi telah dijatuhkan pada Russia, namun efeknya bisa dibilang hampir tidak ada..! Alih-alih mampu mengekang Russia, embargo yang dijatuhkan malah semakin menjadikan Russia mampu lebih lantang, tak sedikitpun tampak terkekang..! Russia mampu terbang kian menjulang..!

Adapun bagi NATO, ulahnya yang memporakporandakan Timur Tengah kini harus dibayar mahal. Kepercayaan internasional terus semakin berkurang, disamping belum jelasnya masa depan Syria, tempat dimana NATO kini berkoalisi dengan berbagai negara.

Setelah menunggu cukup lama, kini dunia mengetahui bahwa Russia dan Iran telah bergabung untuk memulihkan stabilitas di Syria..! Namun ada sebuah hal yang aneh, yakni hadirnya Netanyahu di Russia yang mendesak Russia agar menjamin tidak adanya aksi bersenjata di Syria..!
Pertanyaannya, mengapa harus Netanyahu yang berkepentingan, mengapa bukan Obama..?

Berangkat dari sini pulalah, akhirnya tersebar issu yang konon Israel ingin menjadikan Syria sebagai tanah harapan mereka. Bisa jadi ketika isu kemerdekaan Palestina semakin kuat didengungkan, maka disaat yang sama, Israel pun berusaha untuk mendapatkan kavling baru sebagai pengganti. Syria sangat memiliki sesuatu yang dicari dan dibutuhkan oleh negara-negara NATO dan Israel..! Sehingga sangat diyakini bahwa kelak ketika Israel tak berdaya mempertahankan Palestine, maka mereka tidak akan segan untuk memindahkan rakyatnya ke Syria..! Syria akan menjadi Palestine kedua..! Inilah salah-satu sebab mengapa Russia dan Iran datang bergabung untuk mempertahankan Syria..!

US dan Israel, sepertinya kini mulai kehilangan muka..! Hehehe..

SELAMAT, KAMI TURUT BERBANGGA..!

Saya ingin mengucapkan selamat kepada mantan Panglima TNI, Jend (Purn) Moeldoko, atas penganugerahan gelar tertinggi militer dari Singapore..! Bintang Darjah Utama Bakti Cemerlang tersebut diserahkan oleh presiden Singapore, yang kemudian disusul oleh ucapan selamat dari PM Singapore beserta jajaran Kemenhan dan militer Singapore.

Di bawah kepemimpinan Jenderal Moeldoko, konon Singapore merasa puas karena bisa mencicipi berbagai menu latihan bersama pasukan TNI. Sayang, di era kepemimpinan pak Gatot Nurmantyo, baru-baru ini Singapore justru harus kecewa karena tawaran bantuan untuk pemadaman kebakaran hutan Sumatera telah ditolak mentah-mentah..! Padahal mereka sangat berharap untuk bisa mengasah kemampuan dan pengalaman tentaranya di tengah medan yang menyerupai sebuah pertempuran. TNI sangat mengetahui jika tawaran bantuan dari Singapore tersebut sangat tidak tulus dan teridikasi ada misi khusus..! Hehehe..! Kecele Lo…!

OCTOBER WAR..!

Hahaha..! Rasanya udah gak sabar pengen segera bulan Oktober. Soalnya akan ada dua event yang sedang saya nantikan..!

Yang pertama, pada 5 Oktober 2015, TNI kita akan merayakan ultahnya yang ke-70..! Kali ini akan digelar di Cilegon, tepatnya bertempat di Pantai Indah Kiat..! Dalam event tersebut, TNI akan sangat menonjolkan kekuatan TNI AL dan TNI AU. Dalam acara perayaan ini juga, TNI tidak akan sekedar memamerkan alutsista melalui parade militernya, melainkan jauh lebih dari itu..! Meski masih bertajuk sebagai pesta rakyat, acara tersebut akan mempertontonkan kehebatan TNI dalam mengatur, menguasai dan menggerakan teknik-teknik pertempuran modern..! TNI AU dan TNI AL akan saling menunjukan kemahirannya, dengan adanya demo penembakan dari beberapa alutsista andalan utama mereka..! Sayang, Panglima TNI Jend. Gatot Nurmantyo enggan untuk merinci jenis senjata apa saja yang akan ditampilkan, namun beliau memastikan bahwa pesta rakyat kali ini akan menjadi pesta termegah dari pesta-pesta sebelumnya. Masyarakat bukan hanya dipertontonkan berbagai model senjata, melainkan lebih ke dalam bentuk-bentuk pertempuran yang melibatkan berbagai senjata. Dijamin, acara ini akan berlangsung seru, mencekam dan menegangkan..! Ujarnya saat menutup pembicaraan…

Sedangkan event kedua yang paling saya tunggu ada pada 26 Oktober 2015..! Kali ini film kesukaan saya akan tayang perdana..! James Bond 007 yang masih menampilkan Daniel Craig sebagai pemeran utama prianya..! Setelah sukses dengan seri Skyfall nya beberapa waktu lalu, kini Daniel Craig akan tampil dalam seri terbarunya, Spectre..!

Melihat tayangan teasernya dalam youtube, film ini masih sangat layak untuk ditonton..! Apalagi penampilan sang bintang yang meski kini semakin menua, namun nyatanya tidak pernah kehilangan kemachoannya..! Diantara sekian banyak seri 007, film dengan bintang utama Daniel Caraig terasa jauh lebih menarik di mata saya. Meski masih terkesan playboy, tapi si bintang telah mampu menampilkan sosok profesionalisme seorang agent mata-mata dengan sangat gemilang, terkesan amat smart, cepat, kuat dan liat..! Hehehe..! Semoga di kemudian hari industri film kita juga mampu memproduksi karya-karya dengan kualitas serupa, atau bahkan mungkin bisa lebih baik..! Aamin..!

Saya benci perang, tapi saya suka nonton aksi perang..! Jangan berperang..! Hehehe…

GERMANY
Kagum dengan pola pikir yang dibangun oleh masyarakat Germany dalam memandang kehadiran para immigrant Eropa. Ketika banyak negara yang memandang fenomena tersebut sebagai sebuah musibah, mereka justru sedang berfikir keras untuk menjadikannya sebagai sebuah peluang. Kita jangan hanya membiarkannya datang dan tidur di pinggir jalan, tetapi harus mampu menjadikannya lebih produktif, agar mampu memberikannya manfaat dalam hidup, dan berkontribusi positif bagi negara..!

Tidak heran, jika para pengungsi itu pun merasakan Jerman seperti sebuah rumah buat mereka. Andai para pemimpin dan rakyat Indonesia memiliki pemikiran yang sama dengan mereka, saya yakin, kita mampu keluar dari cengkeraman kemiskinan ini lebih awal dari apa yang kita duga atau bahkan telah kita rencana..!

Ya Tuhan, semoga Engkau endapkan semangat dan pemikiran indah seperti itu, ke dalam relung otak, hati, sumsum dan darah-darahku..! Aku ingin mengabdi untuk bangsa dan negaraku..!

MENUNGGU PLTN PERTAMA INDONESIA

Tadi sempat kontak dengan guru Fisika saya sewaktu masih sekolah di salah satu SMP di Bandung. Niatnya sih untuk berguru ilmu pemerintahan. Maklum, sebelum beliau terpilih sebagai anggota DPR RI, beliau juga pernah menjabat sebagai wakil Bupati Bandung. Dulu kami pernah sangat akrab dan dekat, dan beliau jugalah yang memaksa saya untuk menyelesaikan masa pendidikan SMP saya hanya selama dua tahun. Terima kasih Pak, atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan..! Hehehe…

Setelah bicara panjang lebar, akhirnya beliau bercerita tentang kabar kehadiran Dubes Russia di kantornya, barusan. Mereka datang untuk menyerahkan proposal PLTN yang akan ditawarkan pada Indonesia. Konon, hanya PLTN lah yang akan mampu menjadi jawaban dan pilihan tepat atas inisiatif pemerintah yang sedang berusaha menyediakan pasokan baru energi listrik sebesar 35,000 Mega Watt..! Kunjungan sehari penuh Dubes dan rombongannya tersebut, berakhir dengan rencana kunjungan balasan oleh delegasi Indonesia yang akan segera berangkat ke Russia pada 27 September 2015 nanti. Dalam kunjungan tersebut akan diresmikan power plant pertama Indonesia yang akan dibangun oleh Russia. Dan sangat mungkin jika dalam kunjungan nanti itu menghasilkan deal-deal positif yang mengarah pada disetujuinya pembangunan PLTN pertama di Indonesia dalam waktu yang segera..! Hal ini sangat dimungkinkan karena didukung oleh keberhasilan BATAN yang telah sukses menguasai teknologi pendauran bahan bakar PLTN dari Germany..! Bahkan IAEA sendiri telah secara sengaja datang menemui kepala BATAN untuk mendorong agar Indonesia mau mentransfer kemampuannya pada negara-negara lainnya. Dan ternyata, sejak dulu pulalah pihak BATAN telah memandang serius terhadap penguasaan teknologi ini. Seiring keberhasilan yang telah dicapai, bisa jadi dan sangat tidak mustahil jika sepulangnya dari Russia nanti, kita akan segera disuguhi kabar menggembirakan tentang rencana pembangunan PLTN pertama Indonesia..!
Haruskah kita masih sangsi dan curiga..? Hehehe..! PLTN, welcome..!

PANGLIMA TNI

Pengalaman adalah guru yang terbaik..!
Mungkin berangkat dari falsafah itulah, akhirnya panglima militer Thailand (RTAF), mendesak panglima TNI, Jend. TNI Gatot Nurmantyo yang sedang berkunjung ke Bangkok hari ini, untuk menggelar latihan penanggulangan teror bersama antara RTAF dan TNI.

Pasca ledakan bom Bangkok beberapa waktu lalu, kini penduduk ibukota Thailand tersebut masih terus dihantui oleh rasa takut dan merasa tidak aman..! Hal serupa pernah kita rasakan, dan mereka sangat mengetahuinya jika kini Indonesia sudah terbebas dari berbagai peristiwa ledakan bom, meskipun ancaman tersebut di tengarai masih tetap ada.

Mungkin, inilah saat yang tepat untuk berbagi..! Give them the peace..!

KAIN SARUNG DAN BATIK INDONESIA

Seperti biasa, tadi siang saya pergi ke mesjid untuk menunaikan ibadah sholat Jumat. Entah kenapa, mata saya tiba-tiba berulah dan usil. Selain ngantuk, juga jelalatan melototin orang-orang yang datang dan kebetulan berdiri di barisan depan saya. Ada yang unik, karena hampir dari semua jemaah yang datang dengan mengenakan kain sarung, ternyata mereka menggunakan sarung bermerk ‘Gajah Duduk’..! Ah betapa bangganya hati ini..! Bukankah kain sarung dengan merk tersebut adalah asli buatan Indonesia..? Hehehe..! Jika benar, mari kita budayakan kembali memakai kain sarung..! Di Thailand bagian Selatan, Myanmar dan Bangladesh, masyarakatnya sangat menggemari produk fashion yang satu ini..!

Melihat sarung, saya jadi teringat sahabat saya di Yangoon, Myanmar. Saya punya kisah yang cukup menarik tentang dia.

Suatu ketika, saya sedang berada di Semarang, saat menerima panggilan dari sahabat saya di Myanmar. Dia mengabari, bahwa sang isteri telah melahirkan anak pertamanya dengan selamat. Alhamdulillah..! Namun sedikit agak bingung saat memutuskan untuk berangkat menemui mereka di Yangoon. Saya tidak tahu hadiah apa yang pantas diberikan untuk mereka.

Saat sedang berada di Airport Ahmad Yani sebelum menuju Jakarta, saya tertarik dengan deretan butik yang menjajakan produk-produk kain batik. Tidak membuang waktu, saya pun masuk dan memilih produk-produk yang menurut saya memiliki nilai estetika yang tinggi. Pilihanpun jatuh pada produk dari Batik Keris dan Iwan Tirta. Selain itu, saya juga membeli beberapa helai kain sarung. Semuanya akan saya hadiahkan buat sahabat saya di Myanmar.

Singkat cerita, saya menyerahkan hadiah sebagai oleh-oleh dari Indonesia tersebut pada mereka. Luar biasa, dalam beberapa saat, mereka tampak tertegun penuh kagum. Satu persatu hadiah itu dipeluk dan dibelainya..! Mereka amat terpesona..!

Saat saya menyatakan akan segera kembali ke Jakarta, malamnya saya diminta menginap di rumah mereka. Sangat kaget, karena pada malam tersebut, mereka mengadakan upacara keagamaan keluarga besar mereka. Kain-kain batik dan sarung yang saya hadiahkan, semua mendapatkan doa dari hadirin yang datang. Tak pelak saya merasa sangat bangga, karena mereka amat memuja keindahan dan kehalusan produk asli Indonesia tersebut..! Bahkan beberapa tahun kemudian, ketika sahabat saya itu mampir di Jakarta, dia menceritakan bahwa hadiah yang saya berikan dulu, telah memberikan manfaat yang besar, bukan hanya untuk dia, namun juga bagi saudara-saudara lainnya yang memerlukan. Kain batik dan sarung tersebut, kerap dipinjamkan pada kerabatnya untuk dijadikan sebagai jaminan atau agunan atas pinjaman uang ke bank ataupun pegadaian..!

Hahaha..! Mendengar ceritanya, saya tak mampu menahan tawa. Saya juga teringat pada praktek serupa yang kerap terjadi di tengah masyarakat Indonesia di era 1980an. Pada saat itu, kain batik dan sarung masih bisa menjadi komoditi yang layak diagunkan dalam setiap transaksi di Pegadaian..! Sayang, seterusnya saya kurang mengetahui kiprah pegadaian kita..! Semoga tetap tumbuh kian maju, dan mampu memberikan nilai dan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia tercinta..!

Sebagai tambahan, sewaktu mau kembali pulang ke Jakarta, keluarga sahabat saya di Yangoon tersebut memberikan saya sebungkus kado. Saat saya buka di Jakarta, saya dan keluarga sangat sangat sangat kaget, karena ternyata mereka telah menghadiahkan kami beberapa produk perhiasan emas yang beratnya lebih dari 1 kilogram..! Hehehe..! Terima kasih sahabat, ternyata benar bahwa persaudaraan itu lebih bernilai daripada segalanya, bahkan dari sebongkah emas sekalipun. Selamat atas pengangkatanmu sebagai salah satu menteri, anggota kabinet Myanmar saat ini. Rasa bangga dan doa saya mengiringi pengabdianmu..

Sumber

Komentar ditutup.